Kamis, 25 Juli 2013

KOMUNIKASI BISNIS ERA DIGITAL DALAM PEMASARAN DUNIA BISNIS (PERANAN SOSIAL MEDIA DALAM MARKETING BISNIS)





Penulis: Madyasta Prawidhana



1. Abstrak

Selama 20 tahun sejak munculnya World Wide Web dari internet dengan peramban (browser) Mosaic pada tahun 1993 oleh National Center for Supercomputing Applications (NCSA) di University Illinois Urbana-Champaign, kita merasakan bagaimana terobosan dalam teknologi komunikasi dan informasi ikut mengubah wajah dunia. Kini setiap warga memiliki kemampuan untuk menyuarakan opininya dan mengakses beragam informasi yang ada dikarenakan perkembangan teknologi informasi. Bahkan bisa dikatakan, ikut menyertai perjuangan kebebasan pers dunia. Kekuatan Sosial Media (sumber: socialbureaucrat.blogspot.com)

Kemajuan teknologi yang semakin canggih dan sangat pesat membuat beragam informasi dan teknologi baru bermunculan. Internet, salah satu teknologi yang sering digunakan dan sebagai acuan dalam mencari pengetahuan. Melalui internet semua orang dibelahan dunia manapun dapat berkomunikasi. Internet membuat perubahan iklim yang cukup signifikan dalam dunia bisnis dan dengan keunggulannya khususnya untuk kepentingan pemasaran atau marketing. Salah satu bentuk dari internet untuk pemasaran bisnis adalah Sosial Media marketing. Dalam hal ini, banyak sosial media yang dimanfaatkan untuk memasarkan suatu produk barang dan jasa dengan membangun jaringan luas baik secara personal atau organisasi dan instasi suatu perusahaan. Sosial Media Marketing terbagi dalam dua jenis, Online (Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan lain sebagainya) dan Offline (koran, majalah, brosur, baliho, pamphlet, dan lain sebagainya). Dalam Sosial Media Marketing (online), kita dapat berdialog langsung dan berbagi konten antara pengguna baik personal dan organisasi atau suatu instansi perusahaan dengan menggunakan platform berbagai media online seperti, blog, website dan akun jejaring sosial lainnya. Adapun secara offline, pemasaran dilakukan dengan mendapat feedback yang maksimal dalam kurun waktu tertentu.

“Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga”. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.


2. Latar Belakang Penggunaan Komunikasi dalam Bisnis

Sudah tentu menjadi perbincangan dan selalu tertulis dalam banyak makalah dan artikel tentang komunikasi yang menjelaskan bahwa peran komunikasi sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Tanpa berkomunikasi, kita tentu tidak akan hidup dan memiliki banyak relasi, teman dan pekerjaan.

Dalam hal bisnis, komunikasi sangat diperlukan bagi para pengusaha produk barang dan jasa agar tujuan dan proses produksinya berjalan dengan lancar. Komunikasi yang terjadi dalam ruang lingkup bisnis ini bisa berupa komunikasi internal dan komunikasi eksternal, baik yang bersifat formal maupun informal. Komunikasi dalam bisnis dapat dilakukan juga dengan pengiriman surat, telepon, dan bisa juga melalui kunjungan pribadi (face to face/visit client) dan apabila kita ingin berkomunikasi dalam jangkauan luas, kita bisa mempergunakan media untuk beriklan.

Dalam kehidupan bisnis di era digital dan perdagangan bebas saat ini, informasi mengalir dari dalam dan luar perusahaan melalui batas-batas wilayah dan negara. Oleh karena itu, penyelenggaraan komunikasi dengan pasar amatlah penting karena akan sangat efektif untuk menambah keberhasilan baik individu dan organisasi atau suatu instansi perusahaan.

Saat ini, teknologi komunikasi dan informasi telah memudahkan kita dalam berbisnis bahkan memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan setiap orang di seluruh penjuru dunia tanpa dibatasi ruang dan waktu. Salah satu media komunikasi yang berkembang pesat adalah internet. Perkembangan teknologi internet sudah mengubah wajah dunia saat ini, terutama dalam dunia bisnis. Di tengah pesatnya perkembangan sistem komunikasi, internet berkembang dengan cepat dan menjadi bagian paling penting dalam bidang bisnis. Sebagai contoh, internet membantu dalam bidang pemasaran demi melancarkan tujuan bisnis yang dijalani. Internet pada dasarnya merupakan sebuah jaringan antar komputer yang saling berkaitan membuat sebuah jaringan yang tersedia secara terus-menerus sebagai pesan-pesan elektronik, yang meliputi elektronik mail (e-mail), dan komunikasi dua arah antar individu atau antar komputer. Internet menjadi sebuah medium berita terbaru pada bulan januari 1998, ketika Matt Drudge pertama kali menggunakan website (Craigh, Muller 2007).

Perkembangan internet yang begitu cepat di beberapa negara mengakibatkan media cetak seperti, surat kabar tidak banyak berkembang, karena orang lebih banyak membaca berita online yang lebih cepat dan lebih murah dibanding media cetak. Sekarang, internet mulai dimanfaatkan dalam bidang bisnis seperti sosial media marketing sebagai bentuk komunikasi bisnis. Sosial media marketing dilakukan secara online melalui website dan situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, blog, dan lain sebagainya. Bahkan saat ini ada beberapa sosial media yang menawarkan jasa untuk penyebaran informasi tentang jual dan beli suatu produk barang dan jasa yang biasa dikenal dengan Kaskus, Tokobagus.com, Berniaga.com dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga beberapa sosial media untuk mengetahui berita terhangat yang ter-up to date seperti, Detik.com, Kapanlagi.com dan lainnya. Selain online, sosial media marketing dilakukan juga melalui offline seperti koran, pamflet, spanduk, brosur, baliho dan lainnya. Walaupun ada dua cara dalam sosial media marketing, sosial media marketing secara online lebih dipilih untuk pemasaran dalam bisnis dibanding offline karena dianggap lebih cepat dan mudah bahkan lebih banyak menjangkau pasar secara luas dan menyeluruh.


3. Penggunaan Social Media (Marketing)

3.1.Media Online

Pertumbuhan Internet yang cepat dan semakin maraknya website yang dibangun, membuat kemajuan teknologi semakin pesat (Rahmat 2008). Salah satu bentuk kemajuan teknologi dalam bidang internet adalah Social Media Marketing. Sosial media marketing adalah bentuk pemasaran melalui situs jejaring sosial. Seiring perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin meningkat dan pesat serta memasuki era modern seperti ini perkembangan media internet semakin dibutuhkan. Dapat dibuktikan dengan melihat lingkungan sekitar kita yang tidak dapat melepaskan gadget dari genggaman tangannya hanya sekedar memposting apa yang sedang dilakukannya. Tak ubahnya dengan coffee shop, jika tidak menyediakan area atau fasilitas wi-fi, maka terlihat dengan sedikitnya pengunjung dibanding dengan yang menyediakan fasilitas tersebut.

Melalui internet, jutaan orang di dunia dapat melakukan banyak hal untuk pemasaran bisnis atau hanya sekedar berhubungan langsung dengan kerabatnya bahkan hanya untuk memposting yang sebenarnya merupakan privasinya. Hal demikian semakin dibutuhkan karena tidak hanya visualisasi secara monitor komputer tetapi juga sudah merambah kedalam bentuk audio terlebih mudah untuk mengoperasikannya kedalam gadget yang dimiliki.

Setiap orang dapat berbagi informasi secara langsung melalui internet dari sisi dunia yang berbeda. Selain mudah dijangkau dan cara mengoperasikannya, tertimbun di dalam server mengenai informasi yang siap di unduh siapa saja dan kapan saja melalui teknologi internet. Tak salah lagi, karena banyaknya informasi yang tersedia, saat ini terjadi kelimpah-ruahan informasi alias information overload. Internet menjadi wadah konvergensi semua teknologi informasi. Teknologi komputer, fotografi, design grafis, pemasaran, bisnis, music, sastra, dan lain sebagainya terdapat dalam internet. Konvegeransi ini membuat internet semakin memikat dan mengikat lebih banyak orang (Lubis, 2010: 372).

Bukan rahasia lagi jika sosial media seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram dan lainnya adalah media pemasaran yang sangat bagus terutama bagi yang serius dan sangat serius dalam bisnis online dan internet marketing. Sosial media marketing secara online dilakukan dengan memanfaatkan media komunikasi melalui situs jejaring sosial dan website seperti facebook, twitter, path dan lainnya.

Sosial media marketing merupakan suatu inovasi dan cara untuk memudahkan orang dalam memasarkan suatu produk barang dan jasa untuk melancarkan tujuan bisnisnya melalui media komunikasi baik itu secara online maupun offline. Social Media Marketing dapat dilakukan untuk berjualan, mempromosikan barang atau produk dan yang terpenting adalah dapat dijadikan lahan bisnis yang menjanjikan asalkan ditekuni dengan hati dan kejujuran.

Dalam pemasaran yang dilakukan secara online dapat diawali dengan membuat akun pada sistem sosial terlabih dahulu di situs jejaring sosial kemudian mulailah kita mempromosikan barang dengan menggunakan media jejaring sosial yang ada. Bila perlu, lakukanlah promosi untuk pertama kalinya dengan memberikan promo gratis atau layanan yang memuaskan konsumen seperti paket pengiriman gratis atau promo hal lainnya yang dapat menarik perhatian calon konsumen. Hal tersebut biasa disebut bumbu penyedap agar para konsumen tertarik. Teknik lainya untuk melakukan pemasaran secara online adalah melalui aplikasi online chat dan messenger atau yang biasa disebut program chatting.

Dapat dicontohkan dalam sebuah situs yang menyediakan tempat untuk beriklan dari sebuah barang yang ingin kita jual, Kaskus. Kaskus merupakan situs jual beli dimana semua orang dapat mengiklankan barang dan jasa yang ingin dijualnya. Iklan tersebut dapat diposting secara gratis dan mudah mendapatkan konsumen karena sudah memiliki kolom tersendiri berdasarkan kategori barang dan jasa yang akan dijual sehingga memudahkan konsumen dalam menemukan produk yang dicarinya. Misal, saya ingin menjual jasa edit foto dan membuat akun dalam sosial media, Kaskus serta langsung posting iklan usaha saya dalam kolom kategori fotografi. Dengan mudah, calon pembeli atau konsumen dapat langsung menemui iklan yang saya posting dengan judul yang sesuai dengan kebutuhannya.

3.2.Media Offline

Selain beriklan melalui media online, metode promosi melalui media secara offline tidak begitu berbeda dengan metode-metode promosi konvensional. Keduanya memiliki persamaan dengan cara menggunakan media komunikasi. Bedanya, sosial media marketing secara offline tidak memerlukan situs jejaring sosial. Penggunaan poster dapat menjadi salah satu contoh.

“Poster merupakan benda bisu, tetapi banyak “cerita” yang dapat diungkapkan oleh sebuah poster, gambar dapat memberikan sejuta makna bagi yang melihatnya. Begitu pula dengan kata-kata yang tertulis di dalamnya. Oleh karena itu, gunakanlah peluang ini untuk mendukung bisnis kita” (Rachmat 2008).

Pemasaran cara ini dapat dilakukan melalui informasi mulut ke mulut. Cara seperti ini memiliki daya tarik yang tersendiri dan sangat menakjubkan. Sesuatu yang masuk akal, tetapi banyak orang yang melewatkannya. Informasi berpromosi mulut ke mulut dikenal juga sebagai wourd-of-mouth marketing, Wourd-of-mouth marketing merupakan metode tradisional dalam berkomunikasi dari mulut ke mulut (Ganesha Progress 2008). Dengan informasi mulut ke mulut, kita dapat melakukan pemasaran lainnya bisa dengan cara menyebarkan pamphlet, brosur atau sejenisnya dan berpromosi dengan cara menggunakan spanduk di jalan-jalan besar ataupun membuat iklan di Koran dan surat kabar lainnya seperti majalah.

Untuk mendapatkan konsumen yang banyak dan tepat, kita juga harus memperhatikan dari segi segmentasi pasar agar placementation untuk sebuah brand positioning suatu produk barang dan jasa yang kita jual tidak salah. Karena, brand positioning pada suatu media yang tepat untuk beriklan sangat mempengaruhi banyak sedikitnya konsumen yang datang. Hal ini diperlukan juga untuk memenuhi target yang dimiliki dalam suatu usaha atau bisnis.


4. Keunggulan dan Kekurangan Social Media Marketing

4.1.Media Online

4.1.1. Kelebihan

Dalam hal ini, metode pemasaran secara online dapat dikatakan relatif dari segi pembiayaannya yang biasa disebut dengan modal awal untuk membangun sebuah jaringan di situs media sosial marketing atau website. Semua bergantung kepada bagaimana kita mengatur dan mempergunakannya. Sosial media marketing secara online memang lebih menghemat waktu dan uang karena pemasarannya cepat dan efisien nyaris tanpa hambatan apapun.

Sesuai dengan kebutuhan dan semakin cepatnya perkembangan internet di Indonesia khususnya dapat memudahkan kita untuk menggunakan pemasaran secara online untuk melancarkan demi pencapaian tujuan dalam berbisnis. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang menggunakan jejaring sosial bahkan kalangan ekonomi bawah sekalipun. Sosial media sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia dan sekarang yang perlu dicermati adalah bahwa sosial media tersebut tidak hanya dijadikan untuk bertemu teman lama atau sebagai ajang publikasi diri tetapi juga bagaimana kita bisa memanfaatkan sosial media tersebut sebagai sarana media untuk berpromosi mengenai bisnis yang kita jalani. Dengan sosial media kita bisa mempromosikan situs web atau iklan bisnis yang sedang dilakukan. Cara ini cukup ampuh untuk menghasilkan traffic yang tinggi kepada link yang ditujukan ke salah satu situs web.

4.1.2. Kekurangan

Adapun kekurangan dari Social Media Marketing secara online biasanya ada sebagian oknum yang memanfaatkannya untuk perbuatan yang tidak baik seperti penipuan dan meng-hack situs usaha yang sedang kita jalani. Selain dua hal tersebut, kekurangan dari beriklan melalui sosial media marketing online adalah terkadang koneksi internet terganggu sehingga menyebabkan apa yang sedang kita kerjakan menggunakan jaringan koneksi tersebut terhambat.

Sebagai contoh, selain fasilitas wi-fi yang diberikan oleh provider internet, hampir seluruh provider telepon seluler juga memberikan fasilitas untuk koneksi internet dengan harga yang relatif terjangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia. Namun, karena harus menggunakan sejumlah uang (pulsa), terkadang koneksi sering terputus karena tak sadar pulsanya sudah habis karena memiliki kapasitas (kuota) dalam mengunduh data di internet.

4.2.Media Offline

4.2.1. Kelebihan

Biasanya pemasaran secara offline lebih menarik karena bisa ditampilkan dimana mana saja dengan menggunakan warna, tulisan, dan gambar yang membuat setiap orang tertarik. Peluang keuntungan semakin dekat pada mereka yang berusaha lebih keras. Metode atau cara demikian akan lebih banyak mengundang konsumen untuk membeli dan mendapatkan kepercayaan lebih disbanding online. Karena konsumen merasa dihargai dan lebih dihormati oleh produsen dan terutama dapat menghindari penipuan karena peluang untuk menipu lebih kecil disbanding online.

4.2.2. Kekurangan

Kekurangannya pemasaran secara offline, menggunakan waktu yang lama dalam proses pembuatannya dan biasanya juga menggunakan biaya yang lebih mahal untuk membuat pemasaran ini sehingga memperlambat dan kurang efisien di dalam suatu pemasaran.


5. Kesimpulan

Pada dasarnya media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, website dan jejaring sosial di situs web dalam internet dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Memanfaatkan sosial media untuk pemasaran bisnis melalui sistem online atau offline memiliki dampak yang sama, yaitu menguntungkan dalam bidang bisnis. Pemasaran bisnis melalui sosial media marketing secara online dapat lebih cepat, mudah dan efisien. Adapun sosial media marketing secara offline memiliki keunggulan yang sama walaupun waktu yang dibutuhkan relatif lebih lama. Namu, jika kita dapat memasarkannya secara baik hasilnya akan sama-sama menguntungkan.

Semua kembali dan bergantung kepada bagaimana kita mengatur dan menggunakannya. Baiknya kita memperhatikan segi segmentasi pasar dan melakukan survey terhadap bisnis yang akan dijalani diawal untuk memastikan apakah akan berjalan dengan baik atau tidak bisnis tersebut agar tercapai apa yang menjadi tujuan dan target yang diinginkan.

Dalam penggunaan Sosial Media Marketing baik secara online maupun offline diharapkan dapat membawa keuntungan bagi para pelaku bisnis dan tidak menggunakannya untuk berbuat kecurangan seperti contoh penipuan.

Data menunjukkan bahwa di Indonesia terdapat 29.4 juta pengguna twitter yang 86.98% -nya mengakses lewat handphone. Pengguna aktif facebook di Indonesia mencapai 55 juta, menjadikan Indonesia sebagai pengguna facebook terbesar keempat di dunia. Sementara itu khusus di Jakarta, dengan 7.4 juta pengguna facebook, saat ini Jakarta merupakan Ibukota Facebook. Jakarta juga merupakan kota penghasil tweet terbesar di dunia, dimana 2.5% tweet berasal dari kota ini. (Facebook Internal Data, May 2012 & Semiocast, August,2012) - http://setkab.go.id/en/artikel-6788-.html


DAFTAR PUSTAKA

Fatchiya Anna 2010. Komunikasi dan Pembangunan. Dalam : Lubis P juara et al. Dasar-Dasar Komunikasi.Sains KPM IPB Press.Bogor.

Guffey Ellen Mary, Rhodes Kathleen Rhodes, Rogin Patricia, 2006. Business Comunication : process & product, 4 edition. Budi Setyo Ichsan. Komunikasi Bisnis : Proses dan produk buku ke 1 edisi 4 : 393.

Rahmat, Rafiudin, Progress Ganesha, 2008. 164 Trik Jitu Mempopulerkan Situs WEB.Jakarta

Sutoyo, Siswanto and Setiawan, Michael (2003) Komunikasi bisnis yang efektif. Jakarta: Damar Mulia Pustaka.

Suprawito. 2010. Strategi Komunikasi Pemasaran Seni Pertunjukan Tradisional (Studi terhadap Strategi Komunikasi Pemasaran Seni Pertunjukan Tradisional Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI)

Referensi link:

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_bisnis (diunduh pada 25 Juli 2013, pukul 20.40 WIB)

http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial (diunduh pada 25 Juli 2013, pukul 20.40 WIB)

http://razkingred.blogspot.com/2011/01/social-networking-adalah.html (diunduh pada 25 Juli 2013, pukul 20.45 WIB)

http://edukasi.kompasiana.com/2012/09/08/social-media-dan-pemanfaatannya-491319.html (diunduh pada 25 Juli 2013, pukul 20.50 WIB)

http://socialbureaucrat.blogspot.com/ (diunduh pada 25 Juli 2013, pukul 20.50 WIB)

http://damdubidudam.wordpress.com/2013/05/03/sosial-media-di-indonesia-kekuatan-dan-ancamannya/ (diunduh pada 25 Juli 2013, pukul 20.50 WIB)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar